Tuesday, March 21, 2017

Fungsi dan Tujuan PTK


A. Fungsi PTK
Secara umum, PTK berfungsi sebagai alat/ instrumen bagi seorang guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan di depan kelas. 
Adapun fungsi PTK secara khusus, yaitu:
  1. Mendiagnosis masalah-masalah pembelajaran yang timbul di kelas
  2. Memecahkan masalah-masalah khusus pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa di kelas
  3. Meningkatkan dan atau memperbaiki kenyataan, keadaan dan situasi di lapangan, yang dalam hal ini lapangan pembelajaran
  4. Mencobakan atau menguji-cobakan hal-hal baru dalam pembelajaran atau hasil-hasil inovasi pembelajaran
  5. Memantapkan pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru supaya praktik pembelajaran berkualitas
  6. Mengembangkan kecakapan-kecakapan baru para guru yang cocok dan dapat dipakai untuk mengatasi masalah pembelajaran yang diaplikasikan secara langsung dalam ajang kelas 
  7. Memperkuat tanggung jawab guru terhadap perencanaan dan pelaksanaan kurikulum
B. Tujuan PTK
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu:
  1. Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
  2. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
  3. Mengidentifikasi, menemukan solusi dan mengatasi  masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.
  4. Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
  5. Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya : pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
  6. Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru.
  7. Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.

3 komentar


EmoticonEmoticon