Tuesday, March 21, 2017

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sesuai namanya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam Bahasa Inggris Classroom Action Research (CAR) merupakan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan guru (pendidik) untuk mengetahui serta memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukannya di dalam kelas.

Menurut Carr dan Kemmis (1992), Bentuk penyelidikan yang dilakukan oleh partisipan (guru, siswa, kepala sekolah) dalam situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan pertanggungjawaban dari (a) praktik sosial atau pendidikan yang mereka geluti, (b) pemahaman yang lebih baik terhadap praktik yang mereka geluti, dan (c) situasi dan lembaga tempat praktik itu dilakukan.

Berdasarkan pengertian diatas, PTK dilakukan dalam proses pembelajaran yang alami di kelas sesuai dengan jadwal sehingga tidak mengganggu kegiatan proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat situasional (dinamis), kontekstual, berskala kecil, terlokalisasi, dan secara langsung relevan dengan situasi nyata di dalam kelas.


No Penelitian Formal PTK
1 Dilakukan oleh orang luar Dilakukan oleh guru/ dosen
2 Sampel harus representatif Kerepresentatifan sampel tidak menjadi persyaratan penting
3 Mengutamakan validitas internal dan eksternal Lebih mengutamakan validitas internal
4 Menuntut penggunaan analisis statistik yang rumit Tidak menuntut penggunaan analisis statistik yang rumit
5 Mempersyaratkan hipotesis Tidak selalu menggunakan hipotesis
6 Mengembangkan teori, tidak memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung Memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung
7 Hasil penelitian merupakan produk ilmu Hasil penelitian merupakan peningkatan mutu pembelajaran
8 Berlangsung linear (bergerak maju) Berlangsung siklis
9 Tidak kolaboratif dan individual Kolaboratif dan kooperatif

This Is The Oldest Page

1 komentar so far

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon